Kepala coxswain Hong Kong Star Ferry tentang tumbuh ‘sangat miskin’, dan mengarahkan ikon kota

0 Comments

Tak satu pun dari anak-anak memiliki pelajaran berenang, kami hanya mengambilnya.

Starter terlambat

Ayah saya buta huruf. Dia tidak bersekolah dan tidak tahu apa-apa tentang sistem pendidikan. Hanya ketika salah satu temannya bertanya mengapa dia tidak mengirim anak-anaknya ke sekolah, dia mulai berpikir mungkin kita harus pergi.

Itu sebabnya saya cukup terlambat untuk memulai sekolah dasar. Saya pergi ketika saya berusia sembilan tahun. Orang tua saya mengirim saya ke sekolah asrama di Makau. Saya tidak terbiasa sendirian dan tidak menyukainya sama sekali. Saya benar-benar kesepian dan banyak menangis karena saya sangat merindukan rumah.

Orang tua saya juga merindukan saya dan setelah setahun mereka membawa saya pulang ke Aberdeen.

Percikan terang

Ketika saya kembali ke Hong Kong, ayah saya membeli perahu yang lebih besar. Itu adalah rumah perahu dan bukan untuk berlayar.

Saya bersekolah di Sekolah Dasar SKH Chi Fu Chi Nam. Saya sangat baik di sekolah dan selalu berada di puncak kelas atau kedua, saya tidak pernah ketiga.

Saya seharusnya melanjutkan ke sekolah menengah dan guru formulir saya bahkan menawarkan untuk membayar pendidikan saya, tetapi ayah saya membutuhkan lebih banyak tangan di kapal sehingga saya ditarik keluar dari sekolah.

Saya berusia 17 tahun ketika saya bergabung dengan ayah saya dalam bisnis perikanan dan mulai melaut bersamanya. Kami berlayar di Laut Cina Selatan.

Pada masa itu tidak ada kekurangan ikan, kami selalu mendapat tangkapan besar.

Ini kehidupan yang sulit

Seperti yang Anda duga, kami makan banyak makanan laut di rumah, kebanyakan ikan dan udang. Kami tidak makan banyak sayuran.

Tiga saudara kandung saya, seorang saudara laki-laki dan dua saudara perempuan, juga mulai bekerja dengan ayah saya di kapal nelayan. Anak-anak yang lebih muda berada di rumah perahu atau di sekolah. Ketika saya mendapat waktu istirahat, saya pergi berenang atau barbekyu dengan teman-teman saya.

Saya bertemu istri saya ketika saya masih sangat muda. Dia adalah putri seorang nelayan dan berasal dari Makau. Kami bermain bersama dengan semua anak-anak lain.

Ketika saya berusia 15 tahun, kami mulai berkencan. Kami menikah pada tahun 1990, ketika saya berusia 25 tahun, dan kami tinggal di kapal bersama orang tua saya.

Setelah kedua putra kami lahir, saya mulai berpikir bahwa saya tidak ingin melaut lagi. Saya tidak ingin anak-anak saya mengikuti jejak saya dan masuk ke bisnis perikanan karena ini adalah kehidupan yang sangat sulit.

Peran utama

Setelah sekitar 20 tahun memancing, saya berhenti bekerja untuk ayah saya dan dia menjual perahu. Pada saat itu, industri benar-benar berjuang karena tidak ada cukup ikan yang tersisa. Banyak nelayan lain telah menjual perahu mereka dan komunitas nelayan menyusut.

Saya tidak memiliki banyak pendidikan dan saya berasal dari laut, jadi tentu saja saya mencari pekerjaan yang berhubungan dengannya. Star Ferry sedang mencari orang, jadi saya memutuskan untuk mencobanya.

Saya memulai sebagai seorang pelaut. Peran saya adalah mengangkat gangplank, mengamankan feri ke dermaga dan pembersihan umum di kapal. Langkah selanjutnya dari sana adalah mendapatkan lisensi untuk mengemudikan kapal.

Lisensi mengemudi

Sangat sulit saat itu untuk mendapatkan lisensi, terutama karena saya tidak memiliki banyak pendidikan. Untungnya, pengujinya tidak terlalu keras. Saya baru berlayar dengan perahu selama lebih dari sebulan ketika saya mengikuti ujian. Saya mendapatkan lisensi saya pertama kali.

Pada masa itu, ada dua ujian – satu untuk kapal 60 ton dan yang lainnya untuk kapal 300 ton. Hari-hari ini ada lebih banyak kategori dan lebih sulit untuk mendapatkan lisensi Anda.

Star Ferry adalah 100-an ton. Ketika saya mendapatkan lisensi, kami diizinkan untuk mengendarai Star Ferry bahkan dengan lisensi 60 ton. Hari-hari ini Anda tidak bisa; Ini jauh lebih ketat.

Bahan yang bagus

Berlayar dengan perahu nelayan, saya merasa sangat bebas. Hanya ada beberapa dari kami di kapal dan tidak ada peraturan. Saya bisa pergi ke tempat yang saya inginkan.

Berlayar Star Ferry sangat berbeda. Ini adalah kapal yang jauh lebih besar dan ada banyak lalu lintas di Pelabuhan Victoria.

Kami tidak berlayar di sepanjang pelabuhan, kami harus memotongnya, yang membuatnya sangat menantang. Terlebih lagi, ada ratusan nyawa orang di tangan saya, jadi saya harus sangat berhati-hati.

Bos saya berpikir saya adalah materi yang bagus dan bisa melihat potensi dalam diri saya. Segera setelah saya mendapatkan lisensi saya, pada tahun 2000, saya dipromosikan menjadi wakil kapten. Pada tahun 2002, saya diangkat menjadi kapten. Saya ingin terus berkembang dan terus belajar dan mendapatkan lisensi 300 ton.

Pelabuhan sempit

Dalam lebih dari 30 tahun saya bekerja untuk Star Ferry, ada banyak perubahan. Kami telah pindah dermaga dua kali. Dermaga Star Ferry sekarang berada di tengah laut dibandingkan dengan tempat ketika saya memulai.

Itu dibangun di atas tanah reklamasi sekitar 300 meter dari bekas situs, di Edinburgh Place. Pelabuhan sekarang jauh lebih sempit. Ini membuat banyak ombak dan laut bisa sangat berbatu.

Keluarga kedua

Saya dulu menjalankan jalur Hung Hom (dihentikan pada tahun 2011). Saya melihat wajah-wajah yang saya kenal setiap hari. Saya datang untuk melihat penumpang sebagai keluarga kedua. Orang-orang akan naik feri untuk bekerja dan sekolah dan saya melihat anak-anak kecil tumbuh dewasa. Hubungan saya dengan para penumpang sangat baik dan mereka akan memperlakukan saya dengan makanan ringan sesekali.

Ketika Star Ferry pindah ke lokasi saat ini, pada tahun 2006, saya berhenti berlayar dan menjadi kepala coxswain. Peran saya sekarang adalah mengawasi semua feri.

Saya masih memiliki kerabat di Makau dan berkunjung beberapa kali dalam setahun. Anak-anak saya berusia tiga puluhan. Salah satunya bekerja di rumah sakit dan yang lainnya bekerja untuk perusahaan asuransi AIA.

Ikon Hong Kong

Pada 2019, selama kerusuhan sosial, bisnis Star Ferry mulai turun. Selama pandemi Covid-19, keadaan menjadi lebih buruk. Kadang-kadang ada lebih banyak staf di feri daripada penumpang – mungkin ada tujuh awak tetapi hanya dua atau tiga penumpang.

Masa depan Star Ferry tergantung pada keseimbangan dan semua orang sangat khawatir bahwa itu mungkin berhenti berjalan dan kami akan kehilangan pekerjaan. Saya sangat senang bahwa kami berhasil melewati masa sulit itu.

Melihat ke masa depan, Star Ferry sepertinya akan melayani sebagian besar wisatawan. Ada beberapa penumpang lokal yang menggunakannya untuk pergi bekerja seperti dulu di masa lalu.

Saya berencana untuk pensiun dalam beberapa tahun ke depan. Star Ferry adalah simbol Hong Kong, Anda melihatnya di begitu banyak suvenir dan foto kota. Saya sangat bangga telah menghabiskan karir saya bekerja untuk itu.